:: Sakura ::

Standar
www.dianovaanwar.blogspot.com Bunga sakura adalah bunga nasional bangsa Jepang. Kata sakura berasal dari kata ‘saku‘ yang dalam bahasa Jepang berarti ‘mekar’ dan akhiran ‘ra’ yang menyatakan bentuk jamak. Dalam bahasa Inggris bunga sakura disebut cherry blossom.Bagi orrang Jepang,bunga sakura merupakan simbol penting yang kerap kali dihubungkan dengan perempuan,kehidupan bahkan kematian.
 
Yang membuat bunga sakura ini unik adalah,pada waktu mekarnya. Dimana masa mekarnya bunga ini hanya setahun sekali dalam waktu 1-2 minggu. Dimulai dari awal musim semi, yaitu sekitar awal bulan April hingga akhir April.Namun ada juga bunga sakura yang kuncupnya mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret atau awal April ketika cuaca lagi hangat.Hal ini bisa terlihat di Pulau Honshu pada jenis sakura Someiyoshino.Mekarnya bunga sakura tergantung pada jenis speciesnya,sebabjenis sakura bermacam-macam.Oleh karenanya warna bunga sakura pun beraneka warna, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna pink,kuning muda,hijau muda,merah muda bahkan merah menyala.Adapun buah dari pohon sakura disebut buah cherry atau bahasa jepangnya Sakuranbo.Buah cherry yang masih muda berwarna hijau muda,sedangkan buah cherry yang sudah masak berwarna merah sampai merah tua hingga ungu.Buah cherry ini tidak dikonsumsi,karena bentuknya yang kecil dan rasanya pun tidak enak.
 
Jenis bunga sakura yang banyak terdapat di Jepang adalah sakura Someiyoshino. Bunga sakura ini bertahan lebih kurang 7-10 hari dihitung dari kuncup bunga terbuka sampai bunganya mulai rontok.Dan biasanya cepat rontoknya bunga sakura, disebabkan faktor cuaca seperti hujan lebat dan angin kencang.Kesempatan untuk berpiknik ria dibawah pohon sakura disebut O-hanami. Pada saat O-hanami,bunga sakura sudah bermekaran semua.
 
Manfaat Bunga Sakura
 
Ternyata daun,bunga sakura serta ranting pohon sakura di Jepang dapat dimanfaatkan,berikut ini manfaatnya:
  • Daun dan bunga sakura di rendam dalam air garam kemudian dapat digunakan sebagai pembungkus dan pengharum makanan karena wanginya yang harum.Daun yang telah direndam dengan bunga sakura tadi dijadikan pembungkus kue moci,yang terkenal dengna sebutan sakura moci.
  • Bunga sakura dapat dijadikan bahan pewangi es krim dan kue kering rasa bunga sakura
  • Bunga sakura dapat dibuat menjadi teh sakura,yang umum diminum pada moment istimewa,seperti acara pernikahan
  • Ranting dan kuncup bunga sakura dapat dijadikan sebagai bahan pewarna alami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s